Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Mari Bersatu Melawan Al Qaeda

Kompas.com - 07/05/2009, 08:28 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama menegaskan, dirinya bersama mitranya dari Afganistan dan Pakistan bersatu dalam upaya mengalahkan Al Qaeda.

Obama tampil di depan para wartawan dengan diapit oleh Presiden Afganistan Hamid Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari setelah ketiga pemimpin itu mengadakan pertemuan puncak di Washington, Rabu (6/5).

"Tujuannya adalah mencegah, mematahkan, serta mengalahkan Al Qaeda dan sekutu-sekutu ekstremnya," kata Obama. Ia juga menjanjikan dana yang lebih besar untuk membantu warga sipil di kedua negara itu.

Puluhan penduduk sipil diduga tewas dalam serangan udara AS di bagian barat Afganistan, Selasa, yang mendorong Karzai mengangkat masalah ini dalam pertemuan dengan Obama.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan bahwa dia sangat menyesalkan kematian puluhan warga sipil itu. Dia mengatakan, AS akan berusaha sekuat tenaga untuk mencegah kematian orang-orang tak bersalah.

Kedua mitranya, ujar Obama, memahami besarnya ancaman keamanan dari para militan. Amerika, kata Obama, berada di pihak rakyat Pakistan dan Afganistan serta memiliki strategi lengkap untuk kawasan itu, bersama komponen sipil dan militer. Ia mengatakan, masih akan banyak tindak kekerasan yang terjadi, tetapi AS memiliki tekad yang abadi untuk mengalahkan Al Qaeda. Amerika Serikat, tutur Obama, akan memberikan dukungan kuat kepada Pemerintah Pakistan dan Pemerintah Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com