Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Serukan Dunia Lumpuhkan Iran

Kompas.com - 06/05/2009, 08:49 WIB

JERUSALEM,KOMPAS.com-Menlu Israel Avigdor Lieberman menyerukan negara-negara besar dunia harus mengambil tindakan terhadap Iran jika negara itu tidak mengekang program nuklirnya pada Agustus.

Israel mengatakan Iran yang bersenjatakan nuklir akan menjadi ancaman besar sekali, Para emimpin Israel mengisyaratkan untuk melakukan serangan militer lebih dulu jika mereka memutuskan bahwa diplomasi telah gagal.

"Penting bahwa pembicaraan dengan Iran dibatasi waktunya, dan jika setelah tiga bulan jelas Iran berbohong dan tidak menghentikan program nuklirnya, masyarakat internasional harus melakukan langkah-langkah aktif," kata Lieberman kepada PM Italia Silvio Berlusconi dalam satu lawatan ke Eropa sebagaimana dikutip seorang pembantunya, Selasa (5/5).

Beberapa pejabat lain Israel mengatakan bahwa Dewan Keamanan PBB, yang telah mensahkan sanksi terhadap Iran, sebaiknya mempertimbangkan untuk menerapkan langkah-langkah yang lebih melumpuhkan.

Pernyataan Lieberman itu adalah yang pertama kali bahwa pemerintah PM Benyamin Netanyahu yang berusia sebulan secara terbuka mengisyaratkan batas waktu bagi tindakan terhadap Iran.

Iran membantah akan mencari senjata nuklir dan sejauh ini tak menghiraukan tekanan asing. Enam negara besar dunia yang dipimpin oleh AS telah mengundang negara itu mengadakan pembicaraan. Namun, Iran bersikeras tidak akan menghentikan pengayaan uranium, yang negara itu katakan untuk pembangkit listrik.

Israel, yang diyakini sebagai satu-satunya negara yang memiliki simpanan senjata nuklir di Timur Tengah, mengatakan program pengayaan Iran itu dapat memberikan cukup material untuk pembuatan sebuah bom dalam beberapa bulan. Penilaian Amerika mengatakan bahwa ambang batas itu mungkin masih beberapa tahun lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com