Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Maksimalkan Facebook dan MySpace

Kompas.com - 05/05/2009, 16:25 WIB

SAN FRANSISCO,KOMPAS.com — Gedung Putih atau White House mulai menggunakan Facebook Inc, MySpace bikinan News Corp, dan Twitter Inc untuk berhubungan langsung dengan jutaan warga AS melalui situs jejaring sosial ini.

Pemerintahan Presiden Barack Obama telah menciptakan halaman di facebook dan myspace, situs jejaring sosial paling populer, bersama dengan twitter, di mana pengguna biasanya meninggalkan jejak hanya dengan pesan yang cukup pendek. Hal ini dibeberkan Gedung Putih melalui blognya.

Halaman Gedung Putih di situs jejaring sosial ini telah menarik lebih dari 100.000 fan kemarin, sebagian besar di facebook.

Terkoneksi dengan publik melalui serat-serat elektronik ini sudah mulai dibangun pemerintah melalui situs resminya yaitu whitehouse.gov, yang telah memulai debutnya sejak 1994. Gedung Putih juga menggunakan youtube, situs vider-sharing milik Google Inc, Flickr, dan Yahoo! Inc. Saat menjadi kandidat Presiden AS, Obama justru memercayakan kampanyenya melalui twitter dan facebook untuk berhubungan dengan konstituennya, terlebih konstituen muda.

"Whitehouse.gov merupakan bagian penting dari upaya pemerintah untuk menggunakan internet untuk menggapai publik secepat mungkin dengan cara yang efektif. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara. Teknologi telah sangat berdampak untuk bagaimana publik mengonsumsi informasi dan berhubungan dengan yang lainnya," kata pemerintah melalui blognya.

Menurut Nielsen Co di New York, facebook yang berbasis di Palo Alto, dan myspace yang berbasis di Santa Monica, California, telah merangkul 125 juta pengguna AS per Maret 2009. (KONTAN/Femi Adi Soempeno)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com