Hadapi Flu Babi, Menkes Se-ASEAN Akan Kumpul di Thailand

Kompas.com - 30/04/2009, 22:44 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan se-Asia Tenggara menjadwalkan pertemuan khusus di Thailand untuk membahas rencana kerja kolektif kawasan tersebut guna mengatasi ancaman penyebaran virus flu babi.
    
Menurut keterangan Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (30/4), keperluan tersebut muncul setelah negara-negara anggota ASEAN meningkatkan kewaspadaan pada penyebaran virus itu dan menilai pentingnya upaya bersama untuk mencegah penyebaran virus itu di kawasan Asia Tenggara.

"Menteri Kesehatan ASEAN harus bertemu secepatnya. Kementerian Kesehatan Publik Thailand telah mengungkapkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah pertemuan itu di Bangkok, kemungkinan pada awal Mei," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan setelah melakukan konsultasi dengan Thailand dan Filipina.

Menurut Surin, Filipina akan memimpin pertemuan itu. Thailand saat ini menjabat sebagai ketua bergilir ASEAN, sedangkan Filipina adalah ketua pertemuan kerangka kerja Kementerian Kesehatan ASEAN.

Langkah itu diambil setelah adanya usulan dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen atas suatu pertemuan darurat negara-negara anggota ASEAN untuk membahas kasus itu.

Pertemuan itu akan menyediakan peluang untuk membahas mengenai situasi terakhir dan melakukan koordinasi kawasan untuk menjawab situasi terkini serta membantu mempersiapkan Pertemuan Dewan Kesehatan Dunia ke-62 di Jenewa pada 18-27 Mei 2009.  

Inisiatif datang agar ASEAN meningkatkan upayanya untuk menjawab ancaman penyebaran itu setelah terjadi peningkatan fase status waspada pandemi flu babi.

Sementara itu, menyusul peningkatan status waspada pandemi influenza dari fase empat ke fase lima oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait penyebaran penyakit influenza babi di sejumlah negara, Pemerintah Indonesia memperingatkan warganya supaya tidak melakukan perjalanan ke Meksiko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain menyampaikan peringatan perjalanan ke Meksiko, Pemerintah Indonesia juga memberikan saran perjalanan (travel advisory) bagi warga yang hendak melakukan perjalanan ke delapan negara yang dikonfirmasi memiliki kasus flu babi, yakni Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Inggris, Israel, Spanyol, Austria, dan Jerman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.