Antisipasi Flu Babi, Ratusan Ribu Tamiflu Disiapkan

Kompas.com - 30/04/2009, 21:02 WIB
Editor

BANTUL, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Bantul Siti Noor Zaenab, Kamis (30/4) menyatakan, sudah menyiapkan 818.000 kapsul Tamiflu yang segera disalurkan ke rumah sakit dan puskesmas. Tamiflu, obat untuk penderita flu babi ini, bisa didapat gratis dengan resep dokter.

Mengenai kapsul Tamiflu, saat ini berada di Gudang Dinas Kesehatan Bantul. Obat impor masa kedaluwarsanya hingga Juni 2010. Tamiflu, dulu (lima tahun lalu) diberikan pusat ke daerah untuk mengantisipasi flu burung. Tamiflu bisa juga diberikan pada penderita flu babi karena identitas virus flu burung dan flu babi mirip. "Hanya saja, tamiflu tidak bisa sembarangan diberikan karena salah satu efek sampingnya adalah halusinasi," ujar Siti.

Untuk perawatan khusus pasien penderita flu babi, RS Panembahan Senopati Bantul sudah menyiapkan dua kamar khusus. Sejauh ini, belum ada temuan kasus flu babi di Bantul, terang Siti.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.