RSUD Dr Moewardi Antisipasi Pasien Flu Babi

Kompas.com - 30/04/2009, 20:39 WIB
Editor

SOLO, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi menyiapkan enam ruang isolasi dan enam ruang observasi untuk mengantisipasi masuknya pasien flu babi. Ruangan-ruangan ini biasanya dipergunakan untuk pasien flu burung. Tim inti penanganan flu babi, terdiri dari dokter spesialis paru, anestesi intensive care, spesialis anak, patologi klinik, radiologi, dan dapat diperluas ke dokter ahli lain jika ditemui kasus khusus.

Ketua Tim Medik Penanganan Flu Burung sekaligus Flu Babi RSUD Dr Moewardi, dr Reviono, Sp.P mengatakan, persediaan oseltamivir masih 300 tablet dan cukup sebagai antisipasi. Saat ini, tim lebih banyak sosialisasi kepada masyarakat tentang flu babi. Ruang isolasi dan obs ervasi tampak sepi. Hanya tampak dua pasien di ruang observasi, yakni kasus paru dan tulang.

"Belum ada yang kami lakukan, baru sosialisasi ke masyarakat. Untuk ruang isolasi dan tamiflu, semuanya sudah siap karena kami biasa berjaga untuk kasus flu burung. Terlebih layanan kami telah ditingkatkan untuk menghadapi air-borne disease atau penyakit yang menyebar lewat udara," kata Reviono, Kamis (30/4).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.