Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alpen Terlarang bagi Pendaki Telanjang

Kompas.com - 28/04/2009, 08:30 WIB

ZURICH, KOMPAS.com — Inilah demokrasi ala Alpen. Warga yang tinggal di jantung Pegunungan Alpen, Swiss, Minggu (26/4), mengesahkan sebuah undang-undang baru yang melarang pendakian gunung secara telanjang bulat yang biasa dilakukan kalangan nudis Jerman.

Hanya dengan menunjukkan tangan ke atas, warga Canton (negara bagian yang berwilayah kecil) di Appenzell Inner Rhodes secara aklamasi menerapkan hukuman bagi mereka yang melanggar peraturan warga ini dengan denda sebesar 200 franc Swiss atau senilai hampir Rp 1,8 juta.

Para warga begitu kesal setiap kali mereka menjumpai para nudis dari Jerman itu dengan seenaknya mendaki gunung tanpa selembar pakaian pun kecuali kaus kaki dan sepatu bot.

Sebuah situs web Jerman yang mempromosikan mendaki sambil nudis itu mengatakan, kegiatan tersebut adalah sebuah pengalaman yang alamiah, bebas merdeka, dan sehat. Dan, kata mereka, mendaki Alpen dengan telanjang sudah menjadi tradisi sejak zaman kuno.

Masih menurut situs Jerman tersebut, mereka bahkan mempromosikan perbuatan serupa untuk dilakukan di Perancis dan wilayah pegunungan Jerman. Tindakan yang mereka sebut sebagai kultur raga yang bebas itu merupakan tradisi sejak abad ke-18. Wah....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com