Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi Pemilu di Luar Negeri Kedodoran

Kompas.com - 24/04/2009, 13:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah tenaga kerja Indonesia yang menggunakan hak politiknya pada pemilu legislatif 2009 yang tergolong minim membuat Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengambil langkah antisipatif.

Menteri Tenaga Kerja Erman Suparno, misalnya, Jumat (24/4) di Depnakertrans, Jakarta, menggandeng pelaksana penempatan TKI Swasta (PPTKIS) guna menggenjot tingkat partisipasi TKI dalam pemilu presiden.

Sebagai gambaran, dari 4 juta TKI resmi yang terdaftar di daftar pemilih tetap dan sekian juta TKI tidak resmi, hanya sekitar 1,5 juta jiwa yang menggunakan hak pilihnya. "Ternyata, berdasarkan hasil kunjungan dinas saya ke negara-negara penempatan TKI, banyak tenaga kerja kita yang terkendala prosedur administratif, seperti tidak terdaftar di DPT," ujar Erman kepada para wartawan seusai melakukan pertemuan tertutup dengan sejumlah pemilik PPTKIS.

Kepada PPTKIS, Erman meminta mereka melakukan sosialisasi pemilu presiden kepada para TKI. Menakertrans juga meminta PPTKIS mendorong TKI yang masih berada di asrama atau menjelang keberangkatan tetap menggunakan hak pilihnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com