Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Penyerangan, Pemprov Papua Gelar Dialog

Kompas.com - 17/04/2009, 10:04 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Pemprov Papua akan menggelar dialog terbuka dengan seluruh komponen masyarakat guna membahas dan menyatukan persepsi tentang banyaknya kasus penyerangan dan teror yang terjadi belakangan ini di Papua.
    
"Kami telah sepakat dalam satu atau dua hari setelah pelaksanaan Musrenbang ini akan dilakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, mahasiswa, serta kelompok-kelompok LSM untuk membicarakan situasi yang terjadi di Papua," kata Wakil Gubernur Provinsi Papua Alex Hesegem di Jayapura setelah membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah, Jumat.
    
Ia menjelaskan, dialog lintas komponen masyarakat ini wajib dilakukan karena melihat perkembangan situasi di beberapa daerah di Papua yang sering terjadi teror agar jangan sampai berlarut-larut dan menimbulkan kecurigaan antarsesama masyarakat.
    
Menyinggung penambahan pasukan keamanan di Papua, Alex mengatakan, hal tersebut merupakan kebijakan pemerintah pusat. "Situasi di Papua menurut saya masih cukup kondusif, tetapi pemerintah pusat menganggap hal tersebut adalah kejadian yang besar sehingga perlu penambahan pasukan," ujarnya.
    
Menurut Hasegem, penyerangan dan teror yang terjadi di Papua hanya merupakan gerakan sporadis dan tidak ada organisasi besar yang mendalanginya. Ia mengimbau kepada para pelaku penyerangan dan teror serta aktor intelektualnya agar segera menghentikan perbuatannya dan kepada aparat kepolisian diharapkan segera mengungkap siapa pelakunya dan memprosesnya sesuai aturan hukum yang berlaku. "Tindakan mereka ini sudah sangat meresahkan masyarakat," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com