Paus: Hentikan Perang, Hapus Kemiskinan

Kompas.com - 12/04/2009, 18:11 WIB
Editor

VATICAN CITY, KOMPAS.com- Paus Benediktus XVI (81) menyatakan bahwa rekonsiliasi adalah satu-satunya jalan untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina. Paus juga menegaskan bahwa dunia  perlu meneguhkan kembali harapan untuk mengakhiri perang, menghapus kemiskinan, dan meredam gejolak keuangan.

Dalam pesannya pada perayaan Paskah yang disampaikan dari Basilika Santo Petrus, Vatican City, Paus mengatakan rencananya untuk mengunjungi Tanah Suci (Jerusalem) 8-15 Mei. Dalam kunjungannya itu, Paus menyakatan akan membawa pesan pengharapan dan cinta bagi kawasan Timur Tengah.

Dalam pesannya, Paus berusia 81 tahun yang sempat tersandung ketika akan naik ke mimbar itu menyatakan, rekonsiliasi memang sesuatu yang tidak mudah, tetapi sangat diperlukan. "Rekonsiliasi adalah sebuah persyaratan keamanan menyeluruhj dan koeksitensi perdamaian. Dan itu hanya bisa dicapai melalu upaya yang terus menerus diperbarui," katanya.

Pesan Paskah Paus yang biasa disebut "Urbi et Orbi"m itu disampaikan dalam bahasa Latin untuk warga Vatican city dan dunia, di akhir Misa Minggu Paskah yang dihadiri puluhan ribu umat yang memadati Lapangan Santo Petrus.

Setelah kesibukan yang luar biasa selama Pekan Suci, Paus asal Jerman itu rencananya akan beristirahat sambil samadi di Kastel Gandolfo di sebuah bukit selatan Kota Roma.

Tanggal 8-15 Mei nanti, Paus akan melakukan kunjungan pertamanya sebagai Paus ke kawasan Timur Tengah, termasuk ke Yordan, Isralei, dan wilayah Palestina. Termasuk dalam jadwal perjalanan itu adalah mengunjungi Amman, Jerusalem, Bethlehem, dan  Nazareth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.