AS Usir Mantan Gembong Kartel Meksiko

Kompas.com - 11/04/2009, 15:32 WIB
Editor

PHOENIX, KOMPAS.com — Polisi imigrasi Amerika Serikat mengusir seorang mantan gembong kartel obat ke Meksiko bernama Jose Manuel Garza Rendon (56). Rendon terlibat kejahatan terorganisasi dan penyelundupan obat.

Badan Penegak Kepabeanan dan Imigrasi AS mengatakan, agen-agen federal di El Paso, Texas, menyerahkan Rendon kepada Pemerintah Meksiko di jembatan perbatasan dengan Ciudad Juarez, Meksiko, Jumat (10/4) pagi.

Rendon, anggota terkemuka kartel di Teluk Meksiko, dideportasi setelah mendekam sembilan tahun di penjara federal di Texas barat karena terlibat persekongkolan penjualan mariyuana.

Jaksa agung Meksiko telah memberitahukan kepada badan itu bahwa Rendon dicari di Meksiko sejak tahun 2002 karena mengorganisasikan kejahatan, berusaha melakukan pembunuhan, dan memiliki senjata api yang digunakan secara eksklusif oleh angkatan bersenjata Meksiko.

Mengendalikan kekerasan kartel obat-obatan menjadi keprihatinan utama bagi Pemerintah AS dan Meksiko karena perang dengan para penyelundup telah menewaskan 6.300 orang pada tahun lalu. Pemerintah AS mengumumkan rencana-rencana bulan lalu untuk membantu Pemerintah Meksiko memerangi geng-geng di selatan perbatasan.

Rendon adalah salah satu dari 11 orang yang telah mendapat surat perintah penahanan di Meksiko. Selain dia, gembong yang diburu termasuk Isiel Cardenas Guillen, bos Kartel Teluk yang telah diekstradisi ke AS tahun lalu untuk menghadapi tuduhan menyangkut obat-obatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X