Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI Bantah Pengakuan Taliban

Kompas.com - 05/04/2009, 07:41 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Biro Investigasi Federal AS (FBI) menepis klaim pemimpin Taliban di Pakistan yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan massal di sebuah pusat pelayanan imigrasi AS.

Pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mehsud mengaku telah memerintahkan penyerangan yang menewaskan 13 orang itu sebagai aksi balas dendam terhadap serangan pesawat tanpa awak AS terhadap Taliban. "Saya bertanggung jawab terhadap serangan itu," demikian diakui Mehsud dalam percakapan telpon dengan Reuters.

Pria bersenjata yang diketahui bernama Jiverly Voong (42) menghalangi pintu belakang Gedung American Civic Association yang terletak di Binghamton, New York, Jumat, dengan mobilnya. Hal itu dilakukannya sebelum masuk ke gedung pelayanan imigrasi itu melalui pintu depan dan melepaskan tembakan.

Jiverly Voong yang menjadi pelaku penembakan tunggal melakukan aksi yang mengakibatkan beberapa orang cedera, empat di antaranya kritis, selama tiga setengah jam. Imigran asal Vietnam itu kemudian mengarahkan senjata ke dirinya untuk mengakhiri hidup setelah ia dikepung oleh tim SWAT dan FBI yang bersenjata lengkap.

Mehsud mengaku telah mengerahkan dua orang untuk melaksanakan penembakan massal ini. Menurut Mehsud, salah satu pelaku penembakan yang merupakan warga Pakistan berhasil meloloskan diri setelah melancarkan aksinya di Gedung American Civic Association.

Namun, FBI menepis keterlibatan Taliban seperti yang dituturkan oleh Mehsud. "Berdasarkan bukti yang ada, kami dapat memastikan bahwa klaim Mehsud tersebut tidak benar," kata juru bicara FBI, Richard Kolko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com