Gembong Kartel Juarez Ditangkap

Kompas.com - 04/04/2009, 06:21 WIB
Editor

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Polisi Meksiko menangkap seorang gembong narkoba dari kota perbatasan Ciudad Juarez di utara saat dia berolahraga di sebuah taman di Mexico City hari Kamis (2/4), hanya beberapa jam sebelum pejabat-pejabat AS dan Meksiko bertemu untuk mengoordinasikan strategi menghadapi para pedagang narkoba.

Vicente Carrillo Leyva (32), seorang pemimpin kartel Juarez, diperlihatkan kepada media dengan mengenakan baju olahraga warna putih, tak lama sebelum Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Janet Napolitano dan Jaksa Agung AS Eric Holder tiba untuk melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Meksiko mengenai rencana memperketat kontrol perbatasan guna menghentikan perdagangan senjata dari AS mencapai geng-geng narkoba Meksiko.

Kartel Juarez berperang sengit dengan saingan-saingan dari Negara Bagian Sinaloa di Meksiko Timur laut untuk menguasai rute penyelundupan ke Texas.

Jaksa Agung Meksiko Eduardo Medina Mora, yang akan bertemu Napolitano dan Holder di kota Cuernavaca, mengatakan, 1.600 pembunuhan karena narkoba sepanjang tahun ini tercatat 25 persen lebih sedikit dibandingkan dengan tiga bulan terakhir pada tahun 2008.

Carrillo Leyva adalah putra Amado Carrillo Fuentes, seorang gembong narkoba kartel Juarez yang dijuluki ”Penguasa Langit” karena mengirim pesawat-pesawat jet penuh kokain ke Meksiko tahun 1990-an. Sang ayah adalah gembong narkoba nomor satu Meksiko, tetapi dia tewas tahun 1997 saat operasi plastik untuk mengubah wajahnya.

Pemerintah Meksiko pekan lalu menawarkan hadiah dua juta dollar untuk tertangkapnya Carrillo Leyva dan 23 tersangka gembong narkoba lainnya. (Reuters/AP/AFP/DI)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.