China: Laporan AS Putar Balikkan Fakta

Kompas.com - 27/03/2009, 08:21 WIB
Editor

BEIJING, KOMPAS.com — China menyerukan agar Pemerintah Amerika Serikat berhenti mengeluarkan laporan tahunan mengenai militer China. Mereka mengatakan, laporan terbaru Amerika memutarbalikkan fakta dan mencampuri urusan dalam negeri China.

Juru bicara Departemen Dalam Negeri Qin Gang mengatakan kepada wartawan di Beijing, Kamis (26/3), laporan Amerika terus mengemukakan secara keliru bahwa militer China adalah ancaman. Ia memperingatkan, jika Amerika tidak berhenti menulis laporan tahunan, hal itu akan memengaruhi hubungan di antara kedua negara.

Laporan itu antara lain  mengatakan bahwa China menggelar misil-misil yang diarahkan ke Taiwan. Qin menegaskan, Taiwan adalah isu paling sensitif dalam hubungan China-Amerika, dan mendesak Washington agar mengambil langkah-langkah positif untuk mendukung pengembangan hubungan damai antara China dan Taiwan. China memutuskan hubungan militer dengan Amerika pada Oktober lalu untuk memprotes penjualan senjata Amerika ke Taiwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.