Rusia Pertahankan Perbatasan Abhakazia dan Ossetia

Kompas.com - 21/03/2009, 04:26 WIB
Editor

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Dmitry Medvedev telah menyetujui penandatanganan perjanjian dengan Ossetia Selatan dan Abkhazia. Pengesahan itu secara resmi akan menempatkan kedua wilayah separatis Georgia itu berada dalam perlindungan militer Moskow.
    
 "Presiden Dmitry Medvedev memerintahkan penandatanganan perjanjian dengan Abkhazia dan Ossetia Selatan mengenai langkah-langkah bersama untuk melindungi perbatasan kedua republik ini," kata jurubicara kepresidenan Natalya Timakova, Jumat (19/3).

Abkhazia dan Ossetia Selatan, yang memisahkan diri dari Georgia pada awal 1990-an, bergantung hampir sepenuhnya pada Rusia atas bantuan finansial, militer dan diplomatik.  Georgia, yang mengklaim kedaulatan atas kedua wilayah tersebut menyatakan, perjanjian  itu merupakan pelanggaran atas kesatuan wilayahnya.

Georgia dan Rusia tetap berselisih setelah perang singkat antara mereka pada Agustus tahun lalu menyangkut Ossetia Selatan.  Pasukan Rusia memasuki Georgia untuk mematahkan upaya militer Georgia menguasai lagi Ossetia Selatan pada 7-8 Agustus tahun lalu.

Perang lima hari pada Agustus tahun lalu meletus ketika Tbilisi berusaha memulihkan kekuasannya dengan kekuatan militer di kawasan Ossetia Selatan yang memisahkan diri dari Georgia pada 1992, setelah runtuhnya Uni Soviet. Pemerintah  Ossetia Selatan pada Rabu (11/3) menyatakan akan mengizinkan pasukan Rusia menggunakan wilayah tersebut untuk pangkalan militer selama 99 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.