Rusia Larang Perburuan Bayi Anjing Laut

Kompas.com - 18/03/2009, 21:04 WIB
Editor

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia, Rabu (18/3), menyatakan telah melarang perburuan bayi anjing laut, beberapa pekan setelah Perdana Menteri Vladimir Putin menyebutnya "industri yang bergelimang darah".
   
"Pemandangan yang bergelimang darah mengenai perburuan anjing laut, penyembelihan hewan tak berdaya ini yang bahkan tak dapat Anda sebut perburuan sesungguhnya, dilarang di negara kita, sama seperti di kebanyakan negara maju, dan adalah langkah serius guna melindungi keragaman hayati di Federasi Rusia," kata Menteri Sumber Daya Alam Yuri Trutnev, dalam satu pernyataan.
   
Anjing laut mendiami wilayah Laut Putih di Kutub Utara di Rusia. Seperti di Kanada dan Norwegia, pemburu mengincar bayi anjing laut, yang mungil—yang juga dikenal dengan nama "pantai putih" karena kulit seputih salju mereka yang sangat mahal—yang berada pada usia dini dan ribuan bayi hewan itu menjadi korban.
   
Banyak protes yang mendesak dihentikannya perburuan bayi anjing laut berlangsung di 20 kota besar dan kota kecil di seluruh Rusia pekan ini.
   
Pada 27 Februari, sebagaimana dikutip media Rosiiskaya Gazeta milik pemerintah, Putin berkata, "Ini adalah usaha yang bergelimang darah dan jelas bahwa itu harus dihentikan."
   
Ia mengatakan, para pemburu mesti diberi ganti rugi sebagai pengganti penghasilan mereka yang hilang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.