Bos Narkoba Masuk Daftar Orang Terkaya "Forbes"

Kompas.com - 12/03/2009, 16:09 WIB
Editor

KOTA MEKSIKO, KOMPAS.com — Daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes memasukkan nama buron paling dicari di Meksiko, Joaquin Guzman (54).

Bos kartel narkoba paling berkuasa di Meksiko itu masuk urutan 701 daftar orang terkaya dengan perkiraan kekayaan mencapai 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 12 triliun).

Guzman yang kabur dari penjara Meksiko pada 2001, diperkirakan hidup bebas di Meksiko atau Amerika Tengah. Para pejabat Meksiko mensinyalir bahwa serangkaian kekerasan di utara negara itu akibat ulah Guzman.

Majalah Forbes memerkirakan bahwa para penyelundup narkoba asal Meksiko dan Kolombia menghasilkan uang antara 18-39 miliar dollar AS.

Kekayaaan Guzman sebagian besar dari usahanya menguasai kartel Sinaloa yang dinamai demikian karena bermarkas di negara bagian Sinaloa. Dalam setahun terakhir, kartel Sinaloa berusaha menyingkirkan rival-rival mereka dari perbatasan Ciudad Juarez. Pertempuran antara dua kartel itu telah menewaskan sedikitnya 2.000 orang.

Guzman hanya setinggi 152 sentimeter. Namun, orang-orang yang pernah bertemu dengannya menggambarkannya sebagai pria berkarisma luar biasa dan pintar. Pada 2001, dia kabur dari penjara Meksiko melalui truk laundry setelah menyuap hampir semua sipir dan pejabat penjara. Pernikahannya pada 2007 dengan cewek berusia 18 tahun dijaga sangat ketat dan tentara Meksiko tidak berusaha menangkapnya.

Guzman bukan bos narkoba pertama masuk daftar orang terkaya Forbes. Pada 1989, bos narkoba Kolombia, Pablo Escobar, berada di urutan tujuh orang terkaya di dunia dengan  kekayaan 25 miliar dollar AS. Belum ada tanda-tanda perang melawan narkoba akan gagal sehingga peluang bos narkoba menjadi orang kaya-raya masih terbuka lebar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.