Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Rayu Turis dengan Koktail

Kompas.com - 24/02/2009, 08:29 WIB

BANGKOK, SELASA — Untuk mengembalikan turis ke Thailand, pemerintah setempat memiliki strategi khusus. Mereka menciptakan minuman koktail baru yang diharapkan bisa menarik minat turis untuk mencicipinya.

Minuman tersebut diberi nama Siam Sunrays. Kementerian Pariwisata Thailand menyebutnya "Thailand dalam sebuah gelas, kekuatan baru di industri wisata Thailand".

Bahan-bahan pembuatan koktail tersebut asli dari Thailand. Berupa campuran sedikit vodka, minyak kelapa, bubuk merica, gula, jus lemon, dan jahe. Bahan-bahan tersebut dikocok dan dimasukkan dalam gelas bersama es dan air soda.

Ini merupakan strategi paling baru untuk membangkitkan kembali gairah wisata ke Thailand. Mengingat gelombang protes yang terjadi di Thailand tahun lalu, turis enggan berlibur di negara ini. Saat itu, dua bandara utama di Bangkok dikepung ribuan demonstran sehingga ribuan turis yang berada di dalamnya telantar selama berhari-hari. Terjadi penurunan jumlah wisatawan hingga 300.000 akibat kejadian tersebut.

Siam Sunrays merupakan pemenang pertama lomba cipta koktail nasional Thailand. “Minuman ini diciptakan dari bahan-bahan dasar asli dari Thailand. Kini bisa didapatkan di seluruh hotel dan resor di Thailand,” lanjut Kementerian Pariwisata Thailand. (ap/tis)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com