Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal Baru Korut Jangkau AS dan Australia

Kompas.com - 24/02/2009, 04:01 WIB

SEOUL,SENIN-Korea Utara belum lama ini menggelar sebuah peluru kendali tipe baru berjarak sedang yang diperkirakan mampu menjangkau Pulau Guam, yang masuk wilayah AS, dan wilayah Australia bagian utara.

Hal itu diungkapkan dalam laporan pertahanan Korea Selatan (Korsel), Senin (23/2). Disebutkan, rudal mampu mencapai jarak 3.000 kilometer, atau menjangkau Guam, Australia utara, serta sebagian besar wilayah Rusia dan India.

Tidak disebutkan rincian rudal bar>kern 401m<u Korea Utara (Korut) itu, ter>kern 251m<masuk kapan rudal itu mulai dikem>kern 301m<bangkan, berapa banyak yang>kern 251m< siap dipakai dan di mana lokasi-lokasi peluncurannya.

Rudal itu diyakini sama dengan tipe rudal yang dipamerkan dalam sebuah parade militer di Korut pada 2007. Korut juga diyakini tengah menyiapkan uji tembak rudal balistik versi jarak jauh, Taepodong-2, di tengah ketegangan dengan Korsel yang makin meningkat.

Modifikasi Taepodong-2

Sejumlah media melaporkan, rudal yang sudah siap diluncurkan itu adalah versi modifikasi dari Taepodong-2 dengan daya jangkau lebih jauh karena mampu menjangkau Alaska dan pantai barat AS.

”Kekuatan konvensional Korut, pengembangan dan penguatan senjata pemusnah massalnya, seperti senjata nuklir dan rudal-rudal, dan pagelaran senjata yang lebih maju, merupakan sebuah ancaman serius dan langsung terhadap keamanan kita,” tutur buku pertahanan itu.

Disebutkan juga, Korut diperkirakan telah memproduksi sekitar 40 kg plutonium, yang menurut pakar cukup untuk membuat sedikitnya lima unit senjata nuklir. (AP/Reuters/OKI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com