Tikus Raksasa Bergigi 2,5 Cm Tertangkap di China

Kompas.com - 22/02/2009, 14:12 WIB
Editor

BEIJING, SABTU — Tikus raksasa dengan gigi sepanjang 2,5 cm tertangkap di selatan China. Tikus itu memiliki berat 6 pon. Penangkap tikus itu yang hanya disebut namanya sebagai Pak Xian mengatakan berhasil menangkap tikus itu saat dikepung banyak orang.

Dia memperkirakan tikus itu spesies yang bernilai tinggi. Tikus itu melawan saat ekornya akan ditangkap dan baru tenang setelah dipegang lehernya. "Aku menangkap tikus seukuran kucing," katanya.

Dinas Kehutanan China mengidentifikasikan tikus itu sebagai tikus bambu. Namun, petugas itu mengatakan masih perlu meneliti lebih lanjut. Tikus bambu china jarang yang bisa berukuran lebih dari 10 inci. Tikus ini sering ditemukan di sebelah selatan China, utara Burma, dan Vietnam.

Adapun tikus bambu sumatera sering ditemukan di barat daya provinsi China Yunnan. Di semenanjung Malaysia, tikus bisa tumbuh hingga sepanjang 30 inci termasuk ekor, dan beratnya bisa mencapai delapan pon.

Tikus raksasa sumatera pernah diangkat dalam cerita Sherlock Holmes dengan judul The Adventure of a Sussex Vampire. Semua tikus bambu biasanya bergerak kurang lincah dan menghabiskan waktunya di liang.

Tikus bambu china sering disajikan sebagai makanan. Tikus terbesar adalah tikus afrika yang bisa tumbuh dengan panjang mencapai 36 inci. (ini)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.