Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Indonesia dan Australia bagai "Tom & Jerry"

Kompas.com - 19/02/2009, 21:25 WIB

SYDNEY, KAMIS — Australia menilai Indonesia sebagai mitra yang memiliki peran sangat penting. Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menggambarkan bencana alam seperti tsunami di Aceh dan kebakaran semak belukar di Victoria telah menyatukan Australia dan Indonesia ke dalam suatu ikatan persahabatan.

"Indonesia bukan hanya tetangga, tetapi juga sahabat," tegas Kevin Rudd dalam sebuah jamuan makan malam untuk menandai HUT ke-20 Institut Australia-Indonesia (IAA) dan Konferensi Australia-Indonesia di gedung Art Gallery of New South Wales, Sydney, Kamis (19/2).

Kevin Rudd mengenang kisah Pemerintah Australia pada masa Perdana Menteri Ben Chifley yang memperjuangkan status Indonesia sebagai negara merdeka di hadapan Dewan Keamanan PBB pada 1947. Selain mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah menyumbangkan 1,1 juta dollar AS bagi korban bencana kebakaran di Australia, Kevin Rudd juga mengenang tugas yang pernah diembannya sebagai pengamat Pemilu 1999 di Indonesia yang dinilai sebagai salah satu negara demokrasi terkemuka di dunia.

"Hubungan Indonesia dengan Australia bagaikan 'Tom dan Jerry'," jelas Kevin Rudd yang spontan disambut gelak tawa para tamu yang hadir. Tokoh kartun tersebut sengaja digunakan Kevin Rudd untuk menggambarkan pasang surut hubungan Australia dan Indonesia yang diwarnai oleh persepsi negatif seperti pada pascatragedi Bali.

Kevin Rudd meminjam perumpamaan "Tom dan Jerry" yang sebelumnya digunakan oleh salah satu pembicara, Kartika Sari, wartawan Rakyat Merdeka, yang meraih penghargaan Elizabeth O'Neill Journalism Award 2008. Kartika Sari sempat memohon kepada anggota delegasi Konferensi Australia-Indonesia dan para tamu HUT ke-20 IAA agar Australia dan Indonesia menghindarkan diri dari konflik yang kerap kali terjadi dalam kisah "Tom dan Jerry." Elizabeth O'Neill adalah penghargaan untuk mengenang Liz O'Neill, Atase Pers Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang meninggal dunia dalam tugas akibat pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di Yogyakarta pada 7 Maret 2007.

"Persepsi negatif sudah seharusnya diselesaikan dalam pertemuan antarwarga negara yang hasilnya nanti menjadi masukan untuk diteruskan kepada Pemerintah Indonesia dan Australia dalam upaya terus memperbaiki hubungan bilateral. Itulah pentingnya diadakan Konferensi Australia-Indonesia," kata Rudd. 

Jamuan makan malam tersebut dihadiri di antaranya oleh anggota delegasi Australia dan Indonesia dari berbagai latar belakang, mulai dari kalangan pemerintah, bisnis, media, universitas, organisasi komunitas, kalangan muda, hingga kelompok agama. Hadir juga dalam jamuan makan malam itu Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith dan Menteri Luar Negeri RI Hassan Wirajuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com