Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Islam Harus Bersatu Hadapi Israel

Kompas.com - 17/02/2009, 11:30 WIB

DOHA, SELASA — Menteri Perindustrian dan Pertambangan Iran Ali Akbar Mehrabian mengatakan persatuan di kalangan negara Islam dan menetapkan pendirian bersama dalam menghadapi Israel. Persatuan itu juga mampu menggagalkan rencana Israel terhadap dunia Islam.
    
Dalam satu pertemuan dengan Amir Qatar Hamad bin Khalifa Ath-Thani di Doha, Senin, Mehrabian—dengan menghargai pendirian Qatar mengenai masalah Jalur Gaza—mengatakan perluasan hubungan dan kerja sama dengan negara Islam adalah prioritas utama dalam kebijakan luar negeri Iran.

Mehrabian, yang berada di Doha untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Qatar, mengatakan, kerja sama timbal-balik antara kedua negara telah berkembang secara mencolok dalam beberapa tahun belakangan.

Menteri itu menyampaikan kesediaan Iran bergabung dalam penanaman modal dalam perencanaan industri dan pertambangan di dalam produk barang murah, semen, makanan, minyak, industri kelautan serta proyek besar bersama yang lain. Ditambahkannya, Iran tak membatasi perluasan kerja sama dengan tetangga Muslimnya, Qatar.

Sheikh Hamad bin Khalifa ath-Thani, dengan menyampaikan kegembiraan mengenai perkembangan hubungan dengan Iran, mengatakan hubungan persahabatan yang hangat dengan Iran dan kerja sama dengan tujuan memperkokoh hubungan bilateral sangat penting bagi Qatar.
    
Ia menyebut kunjungan timbal-balik oleh pejabat senior kedua negara sangat bermanfaat bagi pengembangan hubungan.
    
Mehrabian berada di Qatar atas undangan Menteri Perdagangan Qatar Fahd bin Jassem bin Muhammad ath-Thani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com