Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Selidiki Pelaku Pembakaran

Kompas.com - 11/02/2009, 09:53 WIB

CANBERRA, RABU — Polisi Victoria, Australia, mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelidiki secara lengkap kebakaran yang terjadi akhir pekan lalu di negara bagian itu, yang sejauh ini menewaskan lebih dari 173 orang.

Satu gugus tugas yang terdiri atas 100 polisi dibentuk untuk menyelidiki kebakaran semak belukar itu. Demikian laporan yang disiarkan di laman internet Badan Penyiaran Australia, Selasa (10/2).

Penyelidikan itu akan fokus pada apakah kebakaran itu dengan sengaja disulut (atau tidak), serta mengidentifikasi orang-orang yang bersalah dan menyelidiki keadaan di sekitar orang-orang yang tewas.

Satu badan khusus juga akan dibentuk untuk membantu masyarakat yang diporak-porandakan oleh kebakaran di seluruh negara bagian itu guna menemukan dan membangun kembali (milik mereka).

Perdana Menteri negara bagian Australia itu, John Brumby, mengatakan, pembangunan kembali akan mulai dalam beberapa pekan. Telah dipastikan, Kepala Komisaris Polisi Christine Nixon akan memimpin penyelidikan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com