Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji 6 Pelaut WNI Tak Dibayar di Malaysia

Kompas.com - 10/02/2009, 14:27 WIB

KUALA LUMPUR, SELASA — Perusahaan pelayaran Malaysia, MV Hung Lee IV dan MV Hung Lee VI, tidak membayar gaji enam pelaut Indonesia. Masalahnya kini sedang ditangani oleh Jabatan Laut Semenanjung Malaysia dan Atase Perhubungan KBRI Kuala Lumpur.

"Kami diinformasikan Jabatan Laut Semenanjung Malaysia bahwa ada enam pelaut Indonesia yang tidak dibayar gajinya oleh perusahaan pelayaran Malaysia. Ada yang tidak dibayar enam bulan dan tiga bulan," kata Atase Perhubungan Sahar Andika Putra di Kuala Lumpur, Selasa (10/2).

Menurut dia, Jabatan Laut Semenanjung Malaysia sudah memerintahkan dan mendesak perusahaan pelayaran itu untuk membayar gajinya.

Sebelumnya, perusahaan pelayaran Malaysia lainnya, Nepline Bhd, juga tidak membayar gaji puluhan anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di empat kapal tankernya hingga beberapa bulan. Nama keempat kapal itu adalah Damansara, Dangar, Redang, dan MAS.

"Manajemen Nepline sudah kontak saya dan berjanji akan membayar para ABK Indonesia yang bekerja di kapal MAS yang kini ada di Pulau Batam. Saya katakan, lho jangan hanya ABK kapal MAS yang di Batam. Mereka harus membayar pula gaji ABK Indonesia di tiga kapal lainnya, yakni Damansara, Dangar, dan Redang," kata Sahar.

Empat kapal Nepline kini bersandar di beberapa pelabuhan. Kapal Damansara ditahan di Sibu, Sarawak; Kapal Dangar di Tawau, Sabah; kapal Redang di Sibu, Sarawak; kapal MAS semula di tahan di Johor Bahru, tapi sudah dilarikan ke Batam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com