Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Fokuskan HAM Palestina dalam Sidang HAM PBB

Kompas.com - 10/02/2009, 03:27 WIB

JAKARTA, SENIN - Pemerintah Indonesia akan kembali menegaskan posisinya atas situasi Hak Asasi Manusia (HAM) di wilayah-wilayah Palestina yang diduduki Israel dalam sidang ke-10 Dewan HAM PBB di Jenewa, 2-27 Maret 2009. "Kita mempunyai isu-isu prioritas (yang akan disampaikan dalam Sidang Dewan HAM), tentang posisi kita mengenai Palestina," kata Direktur Hukum dan HAM Departemen Luar Negeri Wiwiek Setyawati di Bogor, Senin (9/2).

Penyampaian sikap dan posisi Indonesia mengenai Palestina akan dilakukan dalam mata acara tujuh Sidang Dewan HAM yang secara khusus membahas situasi HAM di Palestina dan wilayah-wilayah terjajah lain di kawasan Timur Tengah.  Menurut Wiwiek, Indonesia memiliki kebijakan yang tegas mengenai isu Palestina dan sejak terbentuk Dewan HAM telah menyelenggarakan empat kali Sidang Khusus mengenai Palestina.

"Setiap resolusi yang dihasilkan dalam sidang tersebut mengikat secara moral," katanya.  Selain mengenai sikap dan posisi mengenai Palestina, Pemerintah Indonesia juga akan menyampaikan perkembangan upaya penegakan HAM di Indonesia, pembahasan pengkajian Deklarasi Durban dan pemenuhan hak-hak sipil.
   
"Dalam konteks penegakan HAM akan dibahas dalam mata acara lima yang secara khusus membahas mengenai badan-badan dan mekanisme-mekanisme HAM," kata Kepala Seksi Mekanisme Hak Sipil dan Politik sub Direktorat Hak-Hak Sipil dan Politik Deplu Diana Emilla Sutikno. Sedangkan pembahasan mengenai pengkajian Deklarasi Durban, lanjut dia, akan dilakukan dalam mata acara 9 tentang rasisme, diskriminasi rasial, xenophobia dan bentuk-bentuk intoleransi terkait lainnya, dan tindak lanjut serta implementasi Deklarasi dan Program Aksi Durban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com