Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Bertahan di Atas 40 Dollar AS

Kompas.com - 04/02/2009, 06:54 WIB

NEW YORK, RABU - Harga minyak dunia berada di atas 40 dollar AS per barrel saat pelaku pasar mempertimbangkan dampak pemotongan kuota produksi organisasi eksportir minyak OPEC dan resesi ekonomi global yang cenderung menurunkan permintaan produksi dan harga. Namun, kalangan investor tergerak oleh laporan positif dari penjualan di sektor perumahan AS.

Kalangan investor juga menaruh harapan terhadap diloloskannya paket stimulus ekonomi pemerintah Barack Obama senilai 885 miliar dollar AS. Pemotongan kuota produksi OPEC diperkirakan akan menggairahkan harga minyak.

Namun, masalah suplai minyak sudah tak lagi menjadi pendorong kenaikan harga di tengah resesi ekonomi yang justru cenderung melemahkan permintaan pasar. Dari bursa komoditas New York Mercantile Exchange, kontrak pengiriman minyak mentah light, sweet untuk Maret meningkat 70 sen serta ditutup pada 40,78 dollar AS per barrel. Sementara di bursa komoditas  ICE Futures, London, kontrak pengiriman minyak Brent untuk Maret naik 26 sen serta berada pada 44,08 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com