Pelaku Pembunuhan Kehormatan Hanya Divonis 6 Bulan

Kompas.com - 02/02/2009, 05:51 WIB
Editor

Seorang pria di Jordania hanya mendapat hukuman enam bulan penjara karena membunuh dua orang. Kok sangat ringan? Pria ini telah membunuh adik perempuannya dan pacarnya, seorang pria warga Suriah, Maret 2008.

Hakim berpendapat, ada ”situasi meringankan” dalam pembunuhan ini sehingga pria itu cukup mendapat hukuman enam bulan penjara. Sumber-sumber pengadilan pekan lalu menuturkan, ”situasi meringankan” ini karena pria berusia 23 tahun yang tidak dirinci namanya itu membunuh adik perempuan dan pacarnya dengan alasan ”kehormatan keluarga”.

Usut sana-sini, semuanya berawal saat sang adik perempuan menghilang dari rumah keluarga mereka pada tengah malam. Pria ini bersama seorang sepupunya langsung mencari adiknya dan menemukannya bersama pacarnya yang juga gembala di sebuah lokasi terpencil.

”Dia ambil senjatanya, menembakkan empat peluru ke arah tubuh si adik dan enam peluru pada pria pacar adiknya. Dia kemudian menyerahkan dirinya ke polisi,” ujar sumber itu.

Hakim melihat pembunuhan tersebut berdasarkan apa yang lazim di Jordania, yaitu ”pembunuhan kehormatan”. Karena alasan ini, sekalipun membunuh dua orang, hakim hanya menjatuhkan hukuman enam bulan penjara kepada pria ini.

Membunuh demi menegakkan ”kehormatan keluarga” di Jordania terjadi hampir setiap tahun. Sekitar 15-20 perempuan dilaporkan telah dibunuh setiap tahun atas nama ”kehormatan keluarga”.

Sepanjang tahun 2007 terjadi 17 pembunuhan terhadap perempuan dengan alasan ini. Hukuman atas pembunuhan seperti ini mendapat kecaman dari kelompok pembela hak asasi manusia karena dinilai terlalu ringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, setiap upaya untuk meninjau kembali hukuman atas si pelaku pembunuhan demi ”kehormatan keluarga” selalu mentok di parlemen. Pokoknya, masih akan terus terjadi pembunuhan atas perempuan di Jordania karena cinta. Soalnya, untuk nyawa, hakim hanya menjatuhkan hukuman enam bulan penjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.