Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad Tuntut Obama Minta Maaf

Kompas.com - 28/01/2009, 17:34 WIB

TEHERAN, RABU — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menuntut Presiden Amerika Serikat Barack Obama meminta maaf atas ’kejahatan-kejahatan’ yang dilakukan AS terhadap Iran selama lebih dari 60 tahun yang lalu.

"Anda bersikap memusuhi rakyat Iran selama 60 tahun," kata Ahmadinejad dalam pidatonya di wilayah barat Khermenshah, yang disiarkan oleh televisi negara, Rabu (28/1).

"Siapa pun yang ingin mengubah hal itu harus meminta maaf kepada rakyat Iran dan berusaha untuk memperbaiki tindakan-tindakan buruk mereka di masa lalu, dan kejahatan-kejahatan yang mereka lakukan terhadap Iran," katanya seperti dilansir AFP.

Ahmadinejad menyambut baik perubahan kebijakan yang didengung-dengungkan Obama. Namun, ia menegaskan, perubahan sikap itu harus bersifat mendasar. Jika tidak, Iran akan tetap pada kebijakan seperti ditunjukkan pada pemerintahan George W Bush.

"Jika seseorang ingin berbicara dengan kami dalam bahasa yang digunakan (George W) Bush... meskipun dia menggunakan kata-kata baru, respons kami akan sama seperti yang kami tunjukkan kepada Bush selama bertahun-tahun sebelumnya," tambah Ahmadinejad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com