Kehadiran Suku Aborigin di Indonesia

Kompas.com - 24/01/2009, 01:55 WIB
Editor

JAKARTA, JUMAT — Hari ini Festival Kebudayaan Australia dibuka dengan pemutaran film yang menyabet beberapa penghargaan internasional, yakni Ten Canoes. Festival yang bertajuk Dreaming Stories ini menampilkan film-film yang mencerminkan kehidupan kebudayaan asli Australia, yakni suku Aborigin.

"Saya sangat senang, kita bisa berbagi tentang kehidupan suku asli dengan tradisi mereka dan bagaimana mereka menjalani kehidupan. Budaya ini perlu dilestarikan dan dirayakan dalam acara seperti ini," ujar Louise Hand sebagai perwakilan dari Kedubes Australia.

Hal itu disampaikan dalam pembukaan Festival Kebudayaan Australia di Blitzmegaplex Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (23/1). Dalam kesempatan itu, hadir pula sutradara Mira Lesmana yang membuka cara itu dengan menggebuk simbal.

Festival ini berlangsung 22-26 Januari 2009 memutar film-film yang memenangkan penghargaan film kebudayaan asli Australia di Blitzmegaplex Grand Indoesia, Jakarta. Selain itu, pameran bertajuk Balgo juga digelar di selasar Blitzmegaplex yang menampilkan karya seni Aborigin kontemporer dari Balgo Hill, yang tak lain adalah wilayah terpencil di Australia selatan.

Balgo menyajikan rangkaian kisah dan upacara-upacara mistik, disebut tjukurrpa (Dreaming), yang dikemas dalam lukisan karya seniman Balgo dalam sudut pandang kontemporer. "Perpaduan nilai seni tradisi Aborigin kuno dengan kontemporer sangat kental, seperti abstraksi dari suatu lanskap, sisi spiritual sekaligus sisi politisnya," tutur Louise.

Selain Ten Canoes yang disutradarai Rolf de Heer, festival ini juga memutar film berkualitas lain, seperti Rabbit Proof Fence, The Tracker, dan Australian Rules.

"Ten Canoes sangat bagus, tak heran menyabet banyak penghargaan film festival, apalagi bahasa yang dipakai adalah bahasa asli suku Aborigin, secara visual juga sangat memuaskan," ujar Mira Lesmana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.