Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamerad Castro Merasa Sudah Saatnya

Kompas.com - 23/01/2009, 10:14 WIB

HAVANA, KAMIS - Mantan penguasa Kuba, Fidel Castro, mengatakan Kamis (23/1) dirinya ragu bisa mengikuti masa pemerintahan empat tahun Presiden Barack Obama. Makanya, pria uzur berusia 82 tahun itu sudah memerintahkan para petinggi pemerintahan Kiba untuk membuat kebijakan tanpa menyertakan dirinya. 

Dalam tulisan Castro di sebuah situs bertajuk "Refleksi Kamerad Fidel", tokoh sentral Kuba itu mengatakan dirinya tinggal menghitung hari. 

Fidel Castro lengser pada Juli 2006 dengan alasan kesehatan. Waktu itu, dirinya harus masuk kamar operasi karena penyakit jantung yang dialaminya. Hingga kini, Castro tak pernah muncul di publik. Lalu, giliran adik bungsunya, Raul Castro yang menduduki kursi kepresidenan.

Sementara itu, Presiden Obama pernah mengatakan AS tidak akan menghentikan embargo ekonomi atas Kuba hingga reformasi demokrasi muncul di negara pulau tersebut. Tapi, Obama mengatakan bakal mengikis pembatasan kunjungan warga keturunan Kuba Amerika berikut kiriman uang untuk para keluarga mereka. Obama pernah menawarkan negosiasi secara personal dengan Raul Castro.

Karena sistem informasi dibatasi, kebanyakan rakyat Kuba hanya mendengar rumor soal kondisi Fidel Castro. Selain menderita stroke, Fidel Castro juga digosipkan pernah mengalami koma. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com