Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Militer Perancis Jatuh, 10 Tewas

Kompas.com - 18/01/2009, 09:29 WIB

PARIS, SABTU — Satu helikopter militer Perancis jatuh di lepas pantai Gabon, Afrika barat, saat melakukan latihan gabungan. Sebanyak 10 prajurit yang menumpang tewas dalam insiden tersebut.

"Presiden (Nicholas Sarkozy) baru saja diberitahu mengenai jatuhnya satu helikopter Perancis yang membawa 10 personel militer di lepas pantai Gabon saat helikopter tersebut ikut dalam pelatihan bilateral," kata kantor Presiden Perancis dalam suatu pernyataan, Sabtu (17/1) waktu setempat.

Sarkozy telah memerintahkan Menteri Pertahanan Perancis Herve Morin untuk segera pergi ke daerah tersebut. Belum ada perincian lebih lanjut terjadinya insiden ini. Ia telah meminta agar semua sarana yang tersedia di daerah itu dikerahkan segera untuk menemukan prajurit yang berada di dalam helikopter tersebut.

Sementara itu, pada hari yang sama seorang internasional tewas ketika sebuah helikopter Chinook milik AS ditembaki gerilyawan saat melakukan pendaratan darurat di Afganistan timur. Belum diketahui kewarganegaraan tentara yang tewas dalam kecelakaan di Provinsi Kunar, di Afganistan timur tersebut.

Ada tujuh orang yang naik helikopter pengangkut itu. Tidak diketahui mengapa helikopter tersebut melakukan pendaratan di kawasan yang rawan konflik. Gerilyawan Islam yang memerangi Pemerintah Afganistan dan sekutunya aktif di pegunungan Kunar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com