Helikopter Militer Perancis Jatuh, 10 Tewas

Kompas.com - 18/01/2009, 09:29 WIB
Editor

PARIS, SABTU — Satu helikopter militer Perancis jatuh di lepas pantai Gabon, Afrika barat, saat melakukan latihan gabungan. Sebanyak 10 prajurit yang menumpang tewas dalam insiden tersebut.

"Presiden (Nicholas Sarkozy) baru saja diberitahu mengenai jatuhnya satu helikopter Perancis yang membawa 10 personel militer di lepas pantai Gabon saat helikopter tersebut ikut dalam pelatihan bilateral," kata kantor Presiden Perancis dalam suatu pernyataan, Sabtu (17/1) waktu setempat.

Sarkozy telah memerintahkan Menteri Pertahanan Perancis Herve Morin untuk segera pergi ke daerah tersebut. Belum ada perincian lebih lanjut terjadinya insiden ini. Ia telah meminta agar semua sarana yang tersedia di daerah itu dikerahkan segera untuk menemukan prajurit yang berada di dalam helikopter tersebut.

Sementara itu, pada hari yang sama seorang internasional tewas ketika sebuah helikopter Chinook milik AS ditembaki gerilyawan saat melakukan pendaratan darurat di Afganistan timur. Belum diketahui kewarganegaraan tentara yang tewas dalam kecelakaan di Provinsi Kunar, di Afganistan timur tersebut.

Ada tujuh orang yang naik helikopter pengangkut itu. Tidak diketahui mengapa helikopter tersebut melakukan pendaratan di kawasan yang rawan konflik. Gerilyawan Islam yang memerangi Pemerintah Afganistan dan sekutunya aktif di pegunungan Kunar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.