Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Usir Kapal Bantuan Iran

Kompas.com - 14/01/2009, 15:07 WIB

TEHERAN, RABU — Televisi Pemerintah Iran melaporkan, kapal perang Israel menghentikan kapal Iran berisi bantuan obat-obatan, makanan, dan pakaian yang menunju Gaza.

Seperti dilaporkan Associated Press, Rabu (14/1), kapal itu kemudian diusir menuju sebuah pelabuhan di Mesir.

Ahmad Navabi, Kepala Kelompok Bantuan Kemanusiaan di kapal tersebut, mengatakan, kapal perang Israel mendekati mereka 20 mil menjelang masuk Pantai Gaza. Mereka kemudian memerintahkan kapal tersebut kembali.

Kapal bernama Shahed itu meninggalkan Pelabuhan Bandar Abbas, Iran, dua pekan lalu. Navabi mengatakan, kelompoknya kemungkinan akan mengirim bantuan ke Gaza melalui Rafah yang berbatasan dengan Mesir.

Sementara itu, pesawat-pesawat tempur Israel terus menggempur wilayah Gaza. Dalam sebuah serangan mereka menghantam kompleks pemamakan, tempat peluncuran roket, gudang senjata dan terowongan di Jalur Gaza.

Hari ini, Sekjen PBB Ban Ki-moon tiba di Kairo, Mesir untuk mendesak Israel dan Hamas mematuhi resolusi gencatan senjata.

Sejauh ini, sedikitnya 975 warga Palestina tewas dalam serangan Israel. Sebanyak 13 warga atau tentara Israel juga tewas, empat di antaranya terkena roket dari Gaza dalam pertempuran sejak 27 Desember itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com