Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Castro Mungkin Selamanya Lenyap dari Hadapan Publik

Kompas.com - 12/01/2009, 10:25 WIB

CARACAS, SENIN — Presiden Venezuela Hugo Chavez menerangkan kemungkinan mantan pemimpin Kuba Fidel Castro tak akan pernah lagi muncul di hadapan publik. "Kenangan tentang Fidel yang biasa mengenakan seragam dan berjalan menyusuri jalan di beberapa kota pada larut malam dan memberikan kehangatan pelukan pada beberapa orang yang ditemuinya tak akan terulang," kata Chavez dalam program radio dan televisi.

"Peristiwa itu hanya tinggal kenangan," tambah Chavez. Chavez tidak menguraikan kondisi medis mantan pemimpin Kuba yang saat ini berusia 82 tahun atau menjelaskan alasan sahabat akrabnya itu tak akan muncul lagi di hadapan publik.

Chavez telah rutin menemui secara pribadi Fidel Castro sejak kakak dari Presiden Raul Castro itu menjalani operasi usus sekitar 2 setengah tahun lalu. Fidel Castro terakhir kali terlihat di hadapan publik pada 26 Juli 2006 dalam sebuah perayaan di Kuba timur.

Sejak saat itu, Pemerintah Kuba secara periodik merilis foto maupun video pertemuan Castro dengan Chavez dan para pemimpin asing lainnya. Meskipun sudah tak pernah terlihat lagi di hadapan publik, Castro masih memperlihatkan goresan tulisannya lewat sejumlah esai yang diterbitkan di media resmi Kuba.

Sejak menjabat sebagai Presiden Venezuela pada 1999, Chavez telah menjalin hubungan erat dengan Kuba. Kapal-kapal Venezuela mengapalkan 190.000 barrel minyak mentah setiap hari ke Kuba. Sementara Kuba mengirimkan ribuan tenaga dokter dan pelatih olahraga ke Venezuela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com