50 Ekor Sapi Australia Didatangkan

Kompas.com - 07/01/2009, 16:38 WIB
Editor

MADIUN, RABU — Sebanyak 50 ekor sapi dari Australia didatangkan ke Kabupaten Madiun sebagai salah satu cara mencapai program nasional swasembada daging tahun 2010. Bantuan dana sebesar Rp 625 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara digunakan untuk membeli sapi-sapi ini.

Kasubdin Penyebaran dan Pengembangan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun, Estu Dwi Waluyani mengatakan hal ini, Rabu (7/1). Kabupaten Madiun menjadi satu dari empat kabupaten di Jawa Timur yang mendapatkan bantuan dana untuk pembelian sapi impor. Sedangkan empat kabupaten lainnya yaitu Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Kediri. Sapi impor dari Australia dipilih karena karkas atau produksi dagingnya yang tinggi, tambahnya.

Estu menjelaskan, sebanyak 50 ekor sapi impor itu dibeli pihak dinas peternakan dari importir sapi Australia di Serang. Selanjutnya, sapi-sapi itu diserahkan ke Kelompok Tani Taruna Jaya di Desa Doho, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, untuk dikelola.

Bagi setiap pengelola sapi ini, dalam jangka waktu lima tahun mereka diwajibkan menyerahkan dua sapi keturunan dari setiap induk sapi. Sapi-sapi ini kemudian diberikan kepada petani lainnya di kelompok tersebut atau petani lainnya di luar kelompok untuk dikelola. "Begitu seterusnya, sehingga jumlah sapi semakin banyak," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.