Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Ekor Sapi Australia Didatangkan

Kompas.com - 07/01/2009, 16:38 WIB

MADIUN, RABU — Sebanyak 50 ekor sapi dari Australia didatangkan ke Kabupaten Madiun sebagai salah satu cara mencapai program nasional swasembada daging tahun 2010. Bantuan dana sebesar Rp 625 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara digunakan untuk membeli sapi-sapi ini.

Kasubdin Penyebaran dan Pengembangan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun, Estu Dwi Waluyani mengatakan hal ini, Rabu (7/1). Kabupaten Madiun menjadi satu dari empat kabupaten di Jawa Timur yang mendapatkan bantuan dana untuk pembelian sapi impor. Sedangkan empat kabupaten lainnya yaitu Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Kediri. Sapi impor dari Australia dipilih karena karkas atau produksi dagingnya yang tinggi, tambahnya.

Estu menjelaskan, sebanyak 50 ekor sapi impor itu dibeli pihak dinas peternakan dari importir sapi Australia di Serang. Selanjutnya, sapi-sapi itu diserahkan ke Kelompok Tani Taruna Jaya di Desa Doho, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, untuk dikelola.

Bagi setiap pengelola sapi ini, dalam jangka waktu lima tahun mereka diwajibkan menyerahkan dua sapi keturunan dari setiap induk sapi. Sapi-sapi ini kemudian diberikan kepada petani lainnya di kelompok tersebut atau petani lainnya di luar kelompok untuk dikelola. "Begitu seterusnya, sehingga jumlah sapi semakin banyak," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com