Al Qaeda: Serangan Israel adalah Hadiah Obama

Kompas.com - 07/01/2009, 10:06 WIB
Editor

KAIRO, RABU — Orang kedua Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri, mengecam Presiden AS terpilih, Barack Obama, dalam rekaman audio yang disebarkan, Selasa (6/1).

Wakil Osama bin Laden itu menyalahkan Obama karena tidak melakukan apa pun untuk menghentikan serangan Israel di Jalur Gaza.

Rekaman audio itu adalah komentar pertama Al Qaeda sejak Israel menyerbu Gaza pada 27 Desember. Rekaman itu dikirim ke sebuah situs militan dan didapatkan SITE Monitoring Service, sebuah pusat monitoring intelijen.

Dalam pesannya, Zawahiri menggambarkan serangan Israel ke Gaza sebagai perang melawan Islam dan Muslim dan "hadiah Obama kepada Israel" sebelum dilantik 20 Januari.

"Ini adalah Obama yang Amerika gambarkan sebagai penyelamat yang akan mengubah kebijakan Amerika," kata Zawahiri, menurut SITE. "Dia membunuh saudara-saudara Anda di Gaza dengan kejam dan tanpa belas kasihan."

Zawahiri yang merupakan warga Mesir juga mengecam Presiden Mesir Hosni Mubarak karena menutup perbatasan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas. "Saat pesawat-pesawat Israel menjatuhkan bom, dia menutup perbatasan sehingga rencananya membunuh pejuang di Gaza terlaksana," kata Zawahiri.

Dia mendesak rakyat Mesir dan Muslim di seluruh dunia menekan Mubarak agar mau membuka perbatasan dan berperan aktif melawan Israel. Ribuan orang di kota-kota seluruh dunia turun ke jalan mengecam serangan Isreal, tetapi Zawahiri mengatakan itu belum cukup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rekaman itu disertai foto Zawahiri duduk dengan sebuah pistol di pangkuannya. Keaslian rekaman itu belum bisa dikonfirmasi. SITE mengaku mendapatkan rekaman itu dari situs yang biasa digunakan para milisi Islam. Rekaman itu juga disertai logo rumah produksi media Al Qaeda, Al Sahab.
      

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.