Demo di Palembang Prihatin Jatuhnya Korban Perempuan dan Anak-anak

Kompas.com - 04/01/2009, 19:29 WIB
Editor

PALEMBANG, MINGGU - Forum Umat Beragama dan sejumlah organisasi massa Islam di Palembang, Sumatera Selatan, menggelar demo keprihatinan terhadap aksi serangan Israel ke Jalur Gaza. Perang yang sudah berlangsung lebih dari seminggu itu menyebabkan jatuh korban perempuan dan anak-anak.

Di pihak Palestina tercatat korban tewas lebih dari 100 perempuan dan anak-anak tewas. Ini jelas menunjukkan kebiadaban Israel karena sama sekali tidak mempertimbangkan konsesi HAM.  

"Coba pikirkan trauma yang diderita korban, apalagi anak-anak yang tidak berdosa itu," kata Arifin Hamid, Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Wilayah Sumsel, Minggu (4/1), di Palembang.

Mengenai pengiriman relawan perang ke Palestina, Umar Said mengakui hal itu tidak mudah dilakukan. Karenanya, saat ini ormas Islam di Palembang lebih fokus pada aksi penggalangan dana dari masyarakat.  

"Dana ini juga tak kalah berguna. Kalau pemerintah mau memfasilitasi penyaluran dana untuk keperluan medis, kami siap bekerja sama," katanya.

Menurut Umar Said, Ketua Forum Umat Islam sekaligus Ketua Forum Umat Beragama Sumatera Selatan, pengiriman bantuan ini penting sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan bagi korban perang di Gaza.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.