Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Akan Dirikan RS Lapangan di Rafa

Kompas.com - 30/12/2008, 19:58 WIB

JAKARTA, SELASA - Indonesia melalui Kedutaan Besar di Mesir berencana kan mendirikan rumah sakit lapangan (RSL) di Rafa yang dekat dengan Jalur Gaza. Selain itu juga didirikan posko-posko dan pengadaan tiga ambulans untuk membantu warga Palestina yang menjadi korban serangan udara Israel.

"Untuk izin lokasi, RSL masih dalam tahap negosiasi, sedangkan pembelian ambulans masih dilakukan pengecekan harga di Arab Saudi," kata Kepala Pusat Penangggulangan Krisis Kesehatan Depkes, Rustam F Pakaya, di Jakarta, Selasa (30/12).

Menurut Rustam, berdasarkan laporan dari Dubes Palestina hingga hari ini korban sudah mencapai 302 meninggal, 1.200 luka-luka dan 800 diantaranya mengalami luka berat. Parahnya, lanjut Rustam, untuk menanggulangi korban tersebut, saat ini baru terdapat 3 rumah sakit dan 60 ambulans dari 300 yang dibutuhkan.

"Maka pengiriman ini dilakukan untuk menanggapi serta membantu masyarakat Palestina akibat peperangan," katanya.

Pengiriman tenaga mesdis, tambah Rustam, akan dikirimkan setelah posko atau RSL bisa dibangun. Saat ini Indonesia baru bisa mengirimkan obat-obatan dan peralatan medis. Itupun setelah dilabeli logo UN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com