Pakistan Kerahkan Pasukan ke Perbatasan India

Kompas.com - 26/12/2008, 22:05 WIB
Editor

ISLAMABAD,JUMAT-Pakistan mulai mengerahkan ribuan pasukan ke perbatasan India, Jumat (26/12). Dua negara bersenjata nuklir itu sudah tiga kali terlibat perang dalam 60 tahun terakhir.

Sumber-sumber intelijen mengatakan langkah itu menyusul meningkatnya ketegangan kedua negara setelah serangan teroris di Mumbai. India menuding kelompok militan bermarkas di Pakistan terlibat dalam serangan di Mumbai menewaskan 175 orang lebih.

Pasukan yang dikerahkan itu sebelumnya bertugas menjaga perbatasan dekat Afganistan. Terang saja, ini membuat AS frustrasi. Karena, AS berharap Pakistan membantu AS memerangi Al Qaeda dan Taliban dekat perbatasan Afganistan.

Dua pejabat intelijen Pakistan mengatakan Angkatan Bersenjata Divisi 14 dikerahkan menuju kota Kasur dan Sialkot yang dekat perbatasan India. Sumber yang enggan namanya dikutip itu mengatakan sekitar 20.000 tentara sedang menuju kedua kota.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan India enggan memberikan komentar atas kabar tersebut. Sebelumnya Perdana Menteri Manmohan Singh, Jumat, mengadakan pertemuan dengan para kepala staf angkatan darat, laut, dan angkatan udara membahas situasi keamanan terakhir.

Wartawan Associated Press di Waziristan Selatan melaporkan sekitar 40 truk mengangkut tentara Pakistan meninggalkan perbatasan Pakistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.