Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Cari Investor Jembatan Selat Malaka

Kompas.com - 24/12/2008, 09:54 WIB

KUALA LUMPUR, RABU — Wakil PM Malaysia Najib Tun Razak mengatakan, usul pembangunan sebuah jembatan yang melintasi Selat Melaka dan menghubungkan Malaka dengan Sumatera memerlukan  kajian teliti dan  menyeluruh.

Menurut Najib, salah satu yang perlu dikaji ialah biaya pembangunan jembatan itu yang diperkirakan menelan biaya 11 miliar dollar AS, demikian menurut media massa Malaysia, Rabu (24/12).

Ia mengatakan hal itu menanggapi usul yang muncul pada konvensi dunia Melayu dan dunia Islam (DMDI) diikuti sekitar 1.000 peserta dari 13 negara termasuk enam gubernur Sumatera yang hadir disana.

Presiden DMDI sekaligus Menteri Besar (Gubernur) Malaka Mohd Ali mengatakan, pembangunan jembatan di Selat Malaka sepanjang 52 km akan menjadi jembatan terpanjang di dunia dan dampak pembangunan itu ialah pembangunan sosial ekonomi di kedua belah pihak.

"Kita perlu mengkaji secara  menyeluruh dan kemudian dikemukakan kepada kedua pemerintah. Kita harus melihat apakah biayanya bisa diterima dan bagaimana dari sisi pemasukan," kata Mohd Ali.

Ia mengatakan sedang mencari investor asing untuk membiayai pembangunan proyek mega tersebut. Najib mengusulkan sebagai permulaan agar kedua wilayah itu dihubungkan dengan kapal feri antara Kuala Tinggi dan Dumai (Sumatera).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com