Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adolf Hitler Cilik Kesulitan Dapat Kue Ultah

Kompas.com - 21/12/2008, 15:12 WIB

WASHINGTON,MINGGU-Sebuah toko kue di AS menolak membuat kue ultah pesanan seorang ayah, Heath Campbell, yang meminta kuenya dihiasi dengan nama putranya, Adolf Hitler.

Toko ShopRite di Phillipsburg, Negara Bagian New Jersey, menyatakan pihaknya berhak menolak memberikan pelayanan yang tak sepatutnya. Demikian dikatakan Karen Meleta, juru bicara jaringan toko kue itu.

"Kami mempunyai pertimbangan masuk akal tentang apa yang kami anggap patut dan tak layak," kata Meleta kepada kantor berita DPA, Sabtu (20/12). "Kami memiliki standar dan prinsip tentang apa yang boleh kami lakukan dan tidak."

Campbell (35), pada dua tahun sebelumnya juga mengalami kesulitan mendapatkan kue ultah anaknya. Pada kedua peristiwa itu, ia meminta hiasan swastika (lambang Nazi) pada kue pesanannya.

Campbell, penduduk kawasan Holland Township, Pennsylvania, memberikan nama Adolf Hitler Campbell kepada anak lelakinya dan sang bocah merayakan hari ulang tahun ketiganya, Minggu (21/12).

Dua putri Campbell bernama JoyceLynn Aryan Nation Campbell dan Honszlynn Himler Jeannie Campbell. Nama Himler diambil dari nama kepala SS Nazi, Heinrich Himler.

Keluarga Campbell mengemukakan kepada Easton Express Times bahwa mereka akhirnya memperoleh kue itu dari Wal-Mart, toko ritel terbesar di dunia. "Prioritas nomor satu kami dalam menghias kue adalah melayani pembeli dengan sebaik-baiknya," kata juru bicara Wal-Mart, Anna Taylor, sambil menambahkan tokonya menghormati pandangan semua pembeli.

Campbell mengemukakan kepada koran itu bahwa dirinya bukan seorang rasis. Ia juga mengatakan dirinya akan membiarkan anak-anaknya mengembangkan pndangan mereka sendiri mengenai ras ketika mereka tumbuh besar. "Itu hanya nama kan," katanya. "Ya Nazi orang yang tak baik saat itu. Namun anak-anak saya masih kecil. Mereka tidak akan tumbuh seperti itu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com