Madoff Pun Tipu Yayasan Sosial

Kompas.com - 20/12/2008, 18:46 WIB
Editor

NEW YORK, SABTU — Bernard Madoff bak tak pandang bulu menipu. Seusai skema ponzi-nya mengharu-biru pemain sektor finansial, giliran yayasan sosial yang terimbas. Madoff sendiri diduga menipu ribuan investor hingga mencapai nilai kerugian 50 miliar dollar AS.

Di New York, yayasan sekelas Picower Foundation mengaku kehilangan uang 1 miliar dollar AS gara-gara memercayakan pengelolaan kepada sesepuh pasar modal Uwak Sam tersebut.

Barbara Picower, yang bersama suaminya mendirikan yayasan tersebut pada 1989, mengatakan, Sabtu (19/12), kerugian itu membawa dampak yang menghancurkan bagi ratusan kegiatan sosial yang tengah berjalan.        

Seperti diketahui skema ponzi yang diambil dari nama Charles Ponzi—pelaku pertama kecurangan dan tipuan dalam dunia investasi pada 1919—menjanjikan imbal hasil atau return sangat tinggi dari suatu pembiayaan. Namun, kebalikannya, fee atau biaya yang dikenakan justru amat rendah.

Ternyata, pelaku kecurangan dan penipuan ini cuma membayar imbal hasil seorang nasabah lama dengan uang yang masuk dari seorang nasabah baru. Lingkaran kecurangan ini bisa terus berlangsung selama masih ada investor baru yang masuk.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X