Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madoff Pun Tipu Yayasan Sosial

Kompas.com - 20/12/2008, 18:46 WIB

NEW YORK, SABTU — Bernard Madoff bak tak pandang bulu menipu. Seusai skema ponzi-nya mengharu-biru pemain sektor finansial, giliran yayasan sosial yang terimbas. Madoff sendiri diduga menipu ribuan investor hingga mencapai nilai kerugian 50 miliar dollar AS.

Di New York, yayasan sekelas Picower Foundation mengaku kehilangan uang 1 miliar dollar AS gara-gara memercayakan pengelolaan kepada sesepuh pasar modal Uwak Sam tersebut.

Barbara Picower, yang bersama suaminya mendirikan yayasan tersebut pada 1989, mengatakan, Sabtu (19/12), kerugian itu membawa dampak yang menghancurkan bagi ratusan kegiatan sosial yang tengah berjalan.        

Seperti diketahui skema ponzi yang diambil dari nama Charles Ponzi—pelaku pertama kecurangan dan tipuan dalam dunia investasi pada 1919—menjanjikan imbal hasil atau return sangat tinggi dari suatu pembiayaan. Namun, kebalikannya, fee atau biaya yang dikenakan justru amat rendah.

Ternyata, pelaku kecurangan dan penipuan ini cuma membayar imbal hasil seorang nasabah lama dengan uang yang masuk dari seorang nasabah baru. Lingkaran kecurangan ini bisa terus berlangsung selama masih ada investor baru yang masuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com