Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tempatkan 12 Pesawat Siluman di Okinawa

Kompas.com - 18/12/2008, 07:35 WIB

TOKYO, KAMIS — Amerika Serikat akan menempatkan lagi 12 pesawat tempur siluman F-22 pada Januari 2009 di pangkalan angkatan udaranya di Okinawa, Jepang. Ini merupakan pengiriman kedua kalinya dalam dua tahun terakhir.

"Penempatan pesawat-pesawat tersebut akan dilakukan selama tiga bulan mendatang dan dimulai awal tahun depan," demikian pernyataan pejabat militer yang dikutip Kyodo di Tokyo, Rabu (17/12).

Pesawat-pesawat tempur siluman (stealth) F-22 itu akan ditempatkan di pangkalan angkatan udara milik AS di Kadena, sebuah kota di Okinawa, dan berasal dari pangkalan angkatan udara di Langley, Virginia, AS.

Penempatan pertama satu skuadron penempur stealth telah dilakukan pada Februari 2007. "Penempatan pesawat-pesawat stealth dilakukan berdasarkan komitmen AS kepada Jepang sebagai mitra penting di kawasan Asia Pasifik dan sekaligus memastikan kehadiran AS untuk memantapkan stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik," kata pejabat militer tersebut.

Satu skuadron (12 pesawat) pesawat tempur stealth lainnya akan ditempatkan di pangkalan angkatan udara Anderson di Guam yang berasal dari pangkalan AS di Alaska.

Pesawat F-22 yang dikenal dengan nama Raptor itu nampaknya dipersiapkan untuk menggantikan armada pesawat tempur AS dari jenis F-15 Eagle.

Jepang sendiri sangat menginginkan pembaruan dalam armada tempurnya dan memilih pesawat buatan Boeing dan Lockheed Martin itu sebagai pilihan utamanya. Namun, AS menolak memenuhi harapan Jepang, mengingat kecanggihan teknologinya yang tidak boleh diekspor ke luar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com