Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusaha Surutkan Ketegangan Asia Selatan, Brown ke India

Kompas.com - 14/12/2008, 15:03 WIB

NEW DELHI, MINGGU — Perdana Menteri India Manmohan Singh menerima Perdana Menteri Inggris Gordon Brown di New Delhi, Minggu (14/12), guna membahas upaya penumpasan terorisme dan menenangkan ketegangan yang memanas antara India dan Pakistan. Singh dan Brown sempat mengikuti jamuan sarapan pagi di kediaman resmi Perdana Menteri India itu.

Singh dan Brown tak memberikan keterangan rinci mengenai perbincangan kedua pemimpin negara tersebut. Brown tiba di India setelah mengadakan kunjungan mendadak di Afganistan untuk menemui sejumlah tentara Inggris dan mengisyaratkan keinginan Inggris untuk menambah jumlah pasukannya.

Tak berapa lama setelah mengikuti jamuan pagi, Brown dijadwalkan berkunjung ke Pakistan untuk menemui Presiden Pakistan Asif Ali Zardari. India telah menuduh kelompok  Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan bertanggung jawab terhadap serangan teroris di Mumbai.

India telah menyerukan Pakistan memberantas militan yang beroperasi di luar wilayah teritorialnya itu. Menurut India, 10 pria bersenjata yang melancarkan serangan teroris di Mumbai berasal Pakistan. India juga menuduh gembong, persenjataan, kamp pelatihan, serta pendanaan serangan teroris di Mumbai berasal dari Pakistan.

Pakistan telah menggerebek sebuah badan amal yang berkaitan dengan Lashkar. Namun, Pakitan menyerukan, India lebih banyak menunjukkan bukti dari tuduhannya itu.

Inggris mempunyai hubungan kolonial dengan India dan Pakistan. India dan Pakistan telah terlibat dalam tiga pertempuran sejak kemerdekaan kedua negara. Meskipun kedua negara nuklir ini mencapai proses perdamaian pada 2004, ketegangan hubungan kedua negara di Asia Selatan itu tetap tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com