Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tempur India Terobos Kawasan Udara Pakistan

Kompas.com - 14/12/2008, 13:10 WIB

NEW DELHI, MINGGU — India membantah, beberapa pesawat tempurnya memasuki wilayah udara Pakistan, Minggu (14/12). Bantahan ini disampaikan India di tengah ketegangan hubungan di antara kedua negara Asia Selatan itu yang semakin memanas pascaserangan teroris di kota Mumbai.

"Tidak ada pelanggaran-pelanggaran wilayah udara seperti yang dituduhkan," kata perwira Angkatan Udara Mahesh Upasani, juru bicara Angkatan Udara India. Pemerintah Pakistan, Sabtu, mengatakan, telah mengonfirmasikan insiden itu ke India yang sempat menuduh Pakistan terlibat serangan teroris di Mumbai.

"Kami telah menghubungi angkatan udara India dan mereka mengatakan, pelanggaran itu karena kurang hati-hati. Kami tidak ingin meningkatkan ketegangan," kata Menteri Penerangan Pakistan Sherry Rehman.

Hubungan di antara kedua negara itu memburuk menyusul serangan teroris di Mumbai yang menewaskan 172 orang. India menyebut Pakistan "sarang" terorisme dan menuntut Islamabad bekerja lebih keras untuk menumpas kelompok-kelompok garis keras di negaranya.

Angkatan udara Pakistan menjelaskan, jet-jet tempur India terbang di daerah Kashmir yang dikuasai Pakistan dan kota Lahore. Dua lokasi ini menjadi lokasi militan yang dituduh India bertanggung jawab dalam serangan teroris di Mumbai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com