Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Pemimpin Nasdaq Terlibat Penipuan

Kompas.com - 13/12/2008, 05:00 WIB

NEW YORK, KAMIS - Mantan pemimpin bursa Nasdaq, Bernard L Madoff, ditahan karena penipuan surat berharga di New York, Kamis (11/12) waktu setempat. Madoff (70) mendirikan Bernard L Madoff Investment Securities LLC.

Madoff diduga melakukan bisnis investasi palsu yang mengakibatkan kerugian sekitar 50 miliar dollar AS. Dia membuat bisnis investasi terpisah yang melayani 11-25 nasabah. Total dana yang diinvestasikan sekitar 17,1 miliar dollar AS, ungkap jaksa penuntut umum. Madoff dilepas setelah membayar jaminan 10 juta dollar AS. Dia menolak berkomentar ketika keluar dari pengadilan distrik di Manhattan.

Pengaduan kriminal yang ditandatangani agen FBI Theodore Cacioppi menyebutkan, Madoff pernah berkata kepada tiga karyawan bahwa bisnis investasi itu merupakan penipuan dan sudah bangkrut selama bertahun- tahun serta merugi sekitar 50 miliar dollar AS.

Skema Ponzi

Madoff juga mengatakan kepada para karyawan itu bahwa dia sudah ”habis” dan ”tak memiliki apa-apa lagi”, ”bisnis ini adalah omong kosong besar”, ”bisnis ini hanyalah skema Ponzi dalam skala besar”.

Skema Ponzi adalah investasi bodong yang menawarkan keuntungan sangat tinggi dengan memanfaatkan dana investor lain.

Para pegawai itu juga memahami bahwa pengakuan Madoff juga menunjukkan dia telah bertahun-tahun memberi keuntungan kepada beberapa investor dengan menggunakan dana investasi yang dia terima dari investor lain yang masuk belakangan. Surat pengaduan itu tidak mengidentifikasi siapa saja investor yang telah menjadi korban.

Cacioppi mengatakan, dua karyawan senior menyebutkan, Madoff sudah akan menyerahkan diri kepada pihak berwajib. Dia juga pernah menyerahkan dana 200 juta-300 juta dollar AS dari sisa uang yang dimiliki kepada karyawan terpilih dan beberapa keluarga dan teman. (AP/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com