Mantan Pemimpin Nasdaq Terlibat Penipuan

Kompas.com - 13/12/2008, 05:00 WIB
Editor

NEW YORK, KAMIS - Mantan pemimpin bursa Nasdaq, Bernard L Madoff, ditahan karena penipuan surat berharga di New York, Kamis (11/12) waktu setempat. Madoff (70) mendirikan Bernard L Madoff Investment Securities LLC.

Madoff diduga melakukan bisnis investasi palsu yang mengakibatkan kerugian sekitar 50 miliar dollar AS. Dia membuat bisnis investasi terpisah yang melayani 11-25 nasabah. Total dana yang diinvestasikan sekitar 17,1 miliar dollar AS, ungkap jaksa penuntut umum. Madoff dilepas setelah membayar jaminan 10 juta dollar AS. Dia menolak berkomentar ketika keluar dari pengadilan distrik di Manhattan.

Pengaduan kriminal yang ditandatangani agen FBI Theodore Cacioppi menyebutkan, Madoff pernah berkata kepada tiga karyawan bahwa bisnis investasi itu merupakan penipuan dan sudah bangkrut selama bertahun- tahun serta merugi sekitar 50 miliar dollar AS.

Skema Ponzi

Madoff juga mengatakan kepada para karyawan itu bahwa dia sudah ”habis” dan ”tak memiliki apa-apa lagi”, ”bisnis ini adalah omong kosong besar”, ”bisnis ini hanyalah skema Ponzi dalam skala besar”.

Skema Ponzi adalah investasi bodong yang menawarkan keuntungan sangat tinggi dengan memanfaatkan dana investor lain.

Para pegawai itu juga memahami bahwa pengakuan Madoff juga menunjukkan dia telah bertahun-tahun memberi keuntungan kepada beberapa investor dengan menggunakan dana investasi yang dia terima dari investor lain yang masuk belakangan. Surat pengaduan itu tidak mengidentifikasi siapa saja investor yang telah menjadi korban.

Cacioppi mengatakan, dua karyawan senior menyebutkan, Madoff sudah akan menyerahkan diri kepada pihak berwajib. Dia juga pernah menyerahkan dana 200 juta-300 juta dollar AS dari sisa uang yang dimiliki kepada karyawan terpilih dan beberapa keluarga dan teman. (AP/joe)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X