Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Wabah Kolera di Zimbabwe Tewaskan 775 Orang

Kompas.com - 11/12/2008, 09:51 WIB

JENEWA, KAMIS — Sebanyak 775 orang di Zimbabwe tewas akibat kolera sejak wabah penyakit itu menyerang pada Agustus, demikian keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu.

Hingga Selasa, sebanyak 16.141 kasus dugaan kolera telah dicatat pada dua per tiga dari 62 kabupaten di negeri itu, dan kasus kematian mencapai 4,8 persen, lapor badan PBB tersebut dalam sebuah pernyataannya.

WHO dan mitra kesehatannya memperkirakan, wabah kolera dapat melampaui 60.000 kasus. Badan Kesehatan Dunia itu juga memperingkatkan, dengan datangnya musim hujan dan banyaknya orang singgah jelang liburan Natal, ada risiko penyebaran lebih luas penyakit ini jika tindakan serius tak segera dilakukan.  

WHO saat ini berencana mendirikan pusat komando dan pemantauan kolera melalui kerja sama dengan Kementerian Kesehatan Zimbabwe dan mitra kesehatan lain guna menghadapi tantangan kesehatan di negeri itu dengan cara terkoordinasi. WHO juga meminta dukungan donor bagi usul senilai 6 miliar dollar AS bagi rencananya untuk menghadapi wabah kolera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com