Penduduk Lapar Mendekati Satu Miliar

Kompas.com - 10/12/2008, 21:14 WIB
Editor

ROMA, RABU — Badan Pangan PBB (FAO) memperkirakan jumlah penduduk dunia yang menderita kelaparan tahun ini mencapai 963 juta jiwa, atau meningkat sekitar 40 juta jiwa dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini diungkapkan Atase Pertanian KBRI Roma, Erizal Sodikin, mengutip pernyataan Asisten Dirjen FAO, Hafez Ghanem, di Roma, Italia, Rabu (10/12).

Menurut Ghanem, lanjut Erizal, walaupun dalam beberapa waktu ini harga pangan dunia mengalami penurunan, situasi ini tidak mampu mengakhiri krisis pangan di banyak negara miskin. Ia mengatakan, jika penurunan harga pangan dan kredit berkaitan dengan krisis ekonomi yang memaksa petani menanam lebih sedikit tanaman pangan maka meroketnya harga pangan dunia diperkirakan akan terulang kembali pada tahun 2009.

Dari laporan FAO dikemukakan juga bahwa beberapa wilayah dinilai berhasil dalam menanggulangi persoalan kelaparan, seperti di wilayah Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Karibia. Sementara di beberapa negara di wilayah sub-Sahara Afrika, jumlah penduduk laparnya justru bertambah, termasuk juga di wilayah konflik, seperti di Afganistan dan Irak.

Menanggapi hal ini, Dr Erizal Sodikin, Atase Pertanian KBRI Roma, mengatakan, pemimpin dunia dan juga organisasi internasional terkait perlu melakukan kaji ulang terhadap kebijakan dan metode yang selama ini dilakukan dalam penanggulangan penduduk lapar ini.

"Jika tidak maka target pembangunan milenium (millenium development goal) yang dicanangkan tahun 2000 tidak akan tercapai," ujarnya.

Menurut informasi, PBB pada September 2000 telah mendeklarasikan suatu target yang dikenal dengan millenium development goal 2015, yang salah satu targetnya adalah mengurangi jumlah penduduk lapar dunia. Saat dicanangkan, jumlah penduduk lapar dunia masih berkisar 850 juta jiwa.

"Dari data terbaru yang dikeluarkan FAO ini menunjukkan bahwa dalam kurun 8 tahun jumlah penduduk lapar justru mengalami peningkatan sekitar 100 juta jiwa," demikian Erizal Sodikin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.