Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China-India Akan Adakan Latgab Antiteror

Kompas.com - 05/12/2008, 01:06 WIB

BEIJING, KAMIS - China dan India akan mengadakan kerjasama dengan melakukan latihan anti-teror bersama menyusul serangan teroris atas Mumbai.
    
Latihan gabungan itu, dinamai "Hand in Hand 2008", akan diadakan di Belgaum di India selatan dari Sabtu hingga 14 Desember, seorang jurubicara kementerian pertahanan China mengatakan pada kantor berita resmi Xinhua Kamis.
   
Jurubicara Huang Xueping mengatakan latihan itu akan melibatkan satu kompi infantri dari masing-masing negara berdasarkan pada perjanjian yang Beijing dan New Delhi tahun 2006.

China adalah teman lama Pakistan, yang India katakan sebagai markas militan yang menyerang Mumbai, yang menewaskan 171 orang. Dan Huang menekankan latihan anti-teror itu tidak ditujukan pada Pakistan.
    
"Tidak ada latarbelakang khusus untuk latihan itu dan latihan itu tidak ditujukan pada pihak ketiga," kata Huang, menurut Xinhua. "Pemilihan waktu dimulainya latihan itu ditetapkan telah lama berselang."

Meskipun demikian, latihan itu akan menegaskan keinginan Beijing agar dilihat bekerjasama dengan India sebagai akibat dari serangan mematikan di Mumbai. Ketidakpercayaan bersama dan perselisihan perbatasan yang memburuk telah lama membagi kedua raksasa Asia itu.
    
"Tujuan latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan pengertian dan kepercayaan antara kedua militer," kata Huang. India dan China telah mengadakan latihan gabungan pertama mereka tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com