Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alor Butuh Pelabuhan Internasional

Kompas.com - 04/12/2008, 17:45 WIB

KUPANG, KAMIS — Pelabuhan bertaraf internasional sangat dibutuhkan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Perairan Selat Ombai setiap tahun dilalui ribuan kapal nasional dan internasional, tetapi tidak ada pemasukan bagi PAD Alor. Sementara itu, negara Timor Leste ingin menangkap peluang itu dengan berencana membangun sebuah pelabuhan bertaraf internasional di Ambeno, Distrik Oecusi, Timor Leste.

Jika Timor Leste mewujudkan rencana itu, Indonesia Timur khususnya NTT yang selama ini dilalui ribuan kapal kehilangan kesempatan itu. Bupati Alor Ans Takalapeta di Kupang, Kamis (4/12), mengatakan, NTT sebagai provinsi kepulauan sangat cocok memiliki sebuah pelabuhan internasional yang dapat disinggahi kapal-kapal asing dan nasional.

Selama ini ribuan kapal lewat begitu saja, tanpa ada pemikiran memanfaatkan kesempatan itu. "NTT berbatasan dengan negara Timor Leste dan Australia sehingga pelabuhan laut bertaraf internasional itu dapat dipertimbangkan, apalagi selama ini banyak turis asing menggunakan kapal pesiar jenis kecil dan besar masuk NTT," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com